Makanan dan Minuman Khas

Asinan Kelubi

Seperti yang kita tahu, kelubi merupakan salah satu tanaman khas dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, karena rasanya yang manis, asam & kecut masyarakat sekitar lebih suka mengolah buah ini menjadi asinan atau manisan. Untuk membuat asinan kelubi, kita membutuhkan buah yang sudah tua, lalu kita kupas kulitnya dan buahnya ditusuk dibeberapa titik menggunakan jarum atau peniti agar dapat membuang rasa asam yang berlebihan serta untuk menyerap air gula saat perebusan kedua.
Untuk memisahkan daging buah kelubi dengan bijinya, buah kelubi yang sudah ditusuk menggunakan jarum direndam dengan air garam selama tiga hari berturut turu, setelah tiga hari buah kelubi ditiriskan lalu direbus hingga matang. Jangan lupa untuk membuat rebusan air gula, karena jika buah kelubi sudah matang, kita harus merebus kembali buahnya dengan rebusan air gula tersebut.
Asinan kelubi ini bisa kalian temukan di tempat penjualan oleh-oleh yang biasanya sudah dikemas dalam bentuk botolan, dengan harga yang sangat bervariasi mulai dari 20.000 hingga 50.000 per botol.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button