Berita

Grass Track Pantai Beribu Senyuman

Mendapati permainan bola voli atau sepak bola di kawasan pantai mungkin sudah biasa, tapi tidak demikian dengan olahraga balap motor. Ajang motorcross di pinggir laut bukanlah pemandangan yang bisa ditemukan di sembarang pantai. Aktivitas balap motor pantai ini hanya bisa ditemukan di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, tepatnya di Pantai Pasir Padi. Pasir Padi merupakan salah satu pantai yang terkenal dan diminati di Pulau Bangka. Lokasinya berjarak sekitar 7 kilometer dari pusat Kota Pangkalpinang dan hanya 3 kilometer dari pusat perkantoran Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di kawasan Air Itam. Pantai pasir padi menghadap langsung ke Laut Cina Selatan dan pada kondisi pasang surut normal normal memiliki lebar pantai antara 100 hingga 300 meter dengan ombak yang sangat tenang. Salah satu keunikan Pasir Padi adalah pantainya yang landai dan kontur pasirnya yang sangat padat karena di bawahnya terdapat pasir timah, sehingga nyaman untuk dilalui baik dengan berjalan kaki maupun berkendara. “Saking padatnya kontur pasir di Pantai Pasir Padi, kendaraan roda dua, roda empat bahkan jenis truk dan tronton pun bisa masuk dengan aman ke sana
Selain memiliki panorama yang dihiasi laut biru dan alam yang asri, tidak jauh dari bibir pantai juga terdapat sebuah daratan kecil yang diberi nama Pulau Punai. Pulau itu dapat dikunjungi dengan berjalan kaki pada saat air laut sedang surut.

Event kali ini dipastikan bakal dilanjutkan dan akan di helat pada pekan ini, setelah ada kabar dari Ketua IMI Babel Bapak H.Wahyu Dwi Cahyono SH. M.Kn yang turut didampingi Ketua Pelaksana dan mengonfirmasi bahwa balapan tersebut dijalankan dengan mengutamakan standar Protokol Kesehatan (prokes) dan semua pembalap maupun crew tim yang hadir harus mengumpulkan hasil test rapid saat pendaftaran.
Balapan bertajuk “race pantai beribu senyuman” ini biasanya digelar setiap 2 kali dalam satu tahun dan dengan ganjaran hadiah cukup menarik yaitu akan memperebutkan 3 unit sepeda motor sebagai hadiah utama bagi pemenang di kategori Senior, Junior dan Bebek Standar Bebas Umur.
Ada 19 kelas yang bakal dilombakan dan terbagi dalam 5 kelas utama Kejurda, sisanya ada 14 supporting class alias kelas pendukung.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button