Wisata Buatan

Tugu Nol Kilometer

Tugu Nol Kilometer Bangka berlokasi di Jalan Sudirman bersebelahan dengan RuDinas Walikota Pangkalpinang (Resident Huis te Pangkalpinang op Bangka). Tugu ini diresmikan oleh Walikota Pangkalpinang Bapak H. Maulan Aklil, S.IP, M.Si pada tanggal 01 Januari 2021.
Tugu Nol Kilometer ini mempunyai bentuk menyerupai koin yang disebut Picis Van Pangkalpinang. Koin tersebut dahulu dipergunakan di Kota Pangkalpinang pada tahun 1217 Hijriah atau 1802 Masehi. Tugu ini berdiameter 4,8 meter dengan berat kurang lebih 600 Kilogram.
Di Tugu ini pada bagian depan koin yang menghadap ke Jalan bertuliskan Arab Melayu “Haza Falus Pangkalpinang” yang berarti “Ini Uang (Kongsi) dari Pangkalpinang” sedangkan pada bagian belakang yang menghadap ke rumah dinas Walikota bertuliskan Hakka “Bing Lang Gong Si (Pin Long Kung Se)” yang berarti “Berkembang dan maju secara nyata”.
Menurut sejarawan dan Budayawan Bangka Belitung Bapak Akhmad Elvian, Tugu Nol Kilometer yang didirikan menjadi titik awal penandaan sejarah pembangunan pulau Bangka saat Pangkalpinang ditetapkan sebagai ibukota Keresidenan Bangka pada tanggal 03 September 1913 dan menjadi pusat administrasi pemerintahan (bestuur) menggantikan Kota Mentok yang menjadi pusat administrasi penambangan timah (tinmijn) dengan berdirinya BTW (BankatinWinning).
Menurutnya, sejak menjadi ibukota keresidenan Bangka, residen AJN. Engelenberg mulai menata kota Pangkalpinang sebagai Ibukota keresidenan Bangka dan menata pulau Bangka. Penataan dimulai (titik nol) dari kawasan civic centre yang berpusat di seputaran rumah Residen atau sekarang rumah dinas Walikota.

https://babelreview.co.id/uang-kuno-berbahasa-china-dan-arab-ini-jadi-ikon-tugu-titik-nol-pulau-bangka
https://bangka.tribunnews.com/2020/12/29/tugu-nol-kilometer-replika-picis-van-pangkalpinang-uang-koin-1802-masehi-ini-penjelasan-sejarawan

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button