Wisata BuatanWisata Sejarah

Alun – Alun Taman Merdeka

Pada masa pemerintahan Belanda, alun-alun ini bernama Alun-alun Selatan. Namun sejak dikeluarkannya maklumat pemerintah tanggal 31 Desember 1945 tentang pekik kemerdekaan sebagai salam nasional, nama Alun-alun Selatan diubah menjadi Lapangan Merdeka. Kemudian sejak tahun 2011 dikembalikan namanya kembali menjadi Alun-alun Taman Merdeka (ATM). Alun-alun Taman Merdeka merupakan pusat aktivitas berbagai kegiatan/event di kota Pangkalpinang dan selalu ramai dikunjungi.
Alun-alun Taman Merdeka atau lebih dikenal dengan ATM terletak di Batin Tikal, Kecamatan Taman Sari. ATM ini berada di barat Jalan Jenderal Sudirman dan di depan rumah ex residen di Jalan Merdeka, termasuk kawasan titik 0 kilimoter Pulau Bangka. Di kawasan sekitar ATM ini, terdapat lapangan tenis, taman sari yang di dalamnya terdapat panggung hiburan rakyat, tempat permainan anak-anak dan jika datang pada sore hingga malam hari, dapat menikmati berbagai macam jajanan makanan khas yang nikmat.
Alun-Alun Taman Merdeka adalah pusat keramaian dari Kota Pangkalpinang yang dapat dikunjungi. Dari pagi, sore hingga malam tempat ini akan selalu ramai dikunjungi bahkan dari semua kalangan berkumpul jadi satu di sini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button